Tahap Membuat Proposal Kegiatan Yang Benar
Tahap Membuat Proposal Kegiatan Yang Benar - Tahukah kamu? Proposal adalah suatu rancangan kegiatan yang akan berlangsung dalam bentuk tulisan dengan sistematis dan terperinci. Proposal dibuat untuk mendapatkan persetujuan dari pihak lain untuk diajak dalam bekerjasama. Bisa juga dibuat untuk permohonan dana bantuan yang nantinya akan ada kerjasama antara pihak yang mengajukan proposal dengan pihak yang memberi bantuan.
Pengertian Proposal bisa diartikan juga sebagai sebuah perencanaan kegiatan yang ditulis kedalam sebuah susunan kegiatan kerja yang sudah terjadwal. Perencanaan atau susunan tersebut harus jelas tujuannya, supaya pihak yang berkepentingan bisa mengerti apa maksud dan tujuan dari proposal tersebut.
Pihak berkepentingan yang dimaksud adalah orang (individu) maupun pihak (kelompok/perusahaan) yang memberikan izin, menyumbang dana kepada pihak yang mengajukan proposal tersebut. Misal : camat, perusahaan A, perusahaan B, sekolah, kepolisian, sponsor, dsb. Untuk itu, berikut ini badrulmozila akan menjelaskan bagaimana sih cara membuat proposal dengan baik dan benar beserta contohnya, supaya pihak berkepenting yang terlibat di sebuah kegiatan tersebut dapat memahaminya.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar Beserta Contohnya

Berikut adalah bagian-bagian proposal yang wajib diperhatikan ketika kamu akan membuat sebuah proposal.

Bagian-Bagian Proposal Kegiatan

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Dasar Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Nama Kegiatan
  6. Waktu dan Tempat Kegiatan
  7. Susunan Acara Kegiatan
  8. Susunan Panita Kegiatan
  9. Anggaran Kegiatan
  10. Lampiran
Pada pembahasan cara membuat proposal dengan baik dan benar kali ini menggunakan salah satu contoh yakni : PROPOSAL KEGIATAN PENTAS SENI.

Berikut Tahap Pembuatan Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar

Secara umum, membuat proposal kegiatan itu lebih sederhana dibandingkan membuat proposal penelitian. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan alur atau tahapan dari pembuatan Proposal Kegiatan tersebut.

1. Judul Proposal Kegiatan

Tuliskan judul proposal yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu selenggarakan

2. Pendahuluan Proposal Kegiatan

Kemudian di bagian pendahuluan terdapat 2 sub bab yakni :
  1. Latar Belakang Kegiatan
  2. Tujuan Kegiatan
Pada bagian sub bab latar belakang berisi dasar atau alasan kenapa kegiatan ini perlu diselenggarakan, sedangkan pada bagian sub bab tujuan kegiatan berisi hasil yang diharapkan dari kegiatan yang akan diselenggarakan.

3. Isi Proposal Kegiatan

Yang terakhir di bagian isi dari proposal kegiatan terdapat 8 sub bagian diantaranya:
  1. Tema Kegiatan
  2. Macam-Macam Kegiatan
  3. Peserta
  4. Peralatan yang dibutuhkan
  5. Waktu dan Tempat Kegiatan
  6. Susunan Acara Kegiatan
  7. Susunan Kepanitiaan
  8. Anggaran Dana

4. Penutup

Dan seperti biasa, pada bagian ujung proposal diberi penutup yang berisi harapan untuk diberikan dukung kepada pihak terkait agar kegiatan tersebut bisa diselanggarakan dengan lancar.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter